WELCOME TO MY BLOG http://primajayaabadi.blogspot.com/

Tips Menulis Artikel Untuk Blog



Bagi para blogger menulis artikel adalah kegiatan yang harus bahkan wajib untuk dilakukan agar blog-nya memiliki banyak konten dan lebih banyak pengunjung yang datang. Bagi sebagian orang menulis itu bisa jadi suatu hal yang menyenangkan tapi bagi sebagian orang yang lain bisa sebaliknya menjadi membosankan bahkan melelahkan.
Untuk mengatasi rasa membosankan dan melelahkan tersebut biasanya para blogger tersebut menyewa jasa orang lain untuk menuliskan artikel dengan kriteria tertentu yang sesuai dengan tema blognya. Tentunya cara tersebut bisa dilakukan bagi blogger yang memiliki dana yang cukup untuk membayar jasa orang lain, bagaimana jika tidak memiliki dana yang cukup?
Disini kami akan membagikan tips agar menulis bisa menjadi lebih mudah bagi anda, bahkan jika anda sudah menguasai caranya anda tidak perlu lagi untuk membayar jasa orang lain kecuali kalau masih malas :) .
Tapi untuk saat ini buang rasa malas anda, mulailah untuk berkarya. Berikut ini cara yang mudah untuk menulis artikel untuk blog anda.
Pertama, buatlah MindMap. Apa itu MindMap ? mindmap jika diterjemahkan adalah peta pikiran dan yang dimaksud dengan peta pikiran disini adalah buah-buah ide yang dihasilkan dari pikiran atau imajinasi anda mengenai suatu tema tertentu. Anda bisa membuat MindMap dengan menggunakan sebuah kertas kosong atau juga dengan menggunakan piranti lunak (software). Jika anda ingin menggunakan software, kami sarankan anda untuk menggunakan sebuah software bernama “FreeMind”. Software FreeMind ini merupakan sebuah piranti lunak open source alias gratis dan bisa anda dapatkan di http://freemind.sourceforge.net.
Mari kita mulai, contohnya kita ingin membuat artikel bertema “Jerawat”, tulis kata jerawat sebagai ide utamanya.
Dari kata jerawat tersebut anda tulis beberapa ide mengenai kata jerawat tersebut, contohnya seperti dibawah ini
Lalu dari ide-ide pikiran tersebut dikembangkan lagi, ada ide apa lagi yang muncul untuk masing-masing ide tersebut.
Setelah dikembangkan sub ide – sub ide tersebut, jika anda ingin menambahkan lagi kembangan dari sub ide tersebut boleh-boleh saja bahkan itu lebih bagus. Tapi jika dirasa cukup anda bisa langsung memulai untuk menulis artikel.
Contohnya dari peta pikiran diatas kita ambil sub ide “penjelasan mengenai jerawat”, anda bisa mencari ide mengenai kalimat “penjelasan mengenai jerawat” tersebut baik dengan pengetahuanyang anda punya atau juga mencari lagi di internet. Jika anda mendapatkan sember informasinya dari internet usahakan anda tulis ulang kalimat-kalimatnya agar benar-benar dihasilkan konten artikel yang unik. Dan contoh penulisannya sebagai berikut :
“Jerawat adalah suatu kondisi atau keadaan dimana pori-pori pada kulit muka tersumbat dan menimbulkan nanah terkumpul dan akhirnya meradang.”
Kalimat diatas tersebut merupakan bentuk penulisan ulang dari sebuah artikel di wikipedia Indonesia.
Setelah itu teruskan dengan menulis kalimat-kalimat dari hasil kembangan ide anda yang lainnya lalu anda cari informasi lagi di internet dan anda tulis ulang. Jadi dengan adanya cara seperti ini tentunya anda akan merasa bahwa menulis artikel itu menjadi lebih mudah bukan, semua berpulang pada kreatifitas anda sendiri.
Bahkan cara ini tidak hanya berguna untuk menulis artikel, bahkan cara ini juga bisa dipakai untuk menulis buku, ebook atau juga anda bisa menciptakan produk digital anda sendiri lalu anda jual dan akan menambah penghasilan anda.
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment